kelompok 3
kelas C
Nama kelompok :
1. Kustiawati ola as (ketua)
2.
Kristina monika b. Weluk
3.
Juliana alves ornay
4.
Jumiati bali loko
5. Karel koilbain
Keterkaitan landasan ilmiah teknologi dalam bimbingan dan konseling
A. Latarbelakang
Berbicara tentang landasan dalam bimbingan dan konseling pada dasarnya
tidak jauh berbeda dengan landasan-landasan yang biasa diterapkan dalam
pendidikan seperti pendidikan secara umum.
Landasan dalam bimbingan dan
konseling pada hakekatnya merupakan faktor-faktor yang harus di perhatikan dan
dipertimbangkan oleh konselor dalam mengembangkling an layanan bimbingan dan
konseling. Apabila layanan bimbingan dan konseling tidak didasari oleh fondasi yang kuat maka
akan mengakibatkan kehancuran terhadap layanan bimbingan dan konseling itu
sendiri dan klayeng menjadi taruhanny.
Pelayanan bagar membingan dan
konseling merupakan kegiatan profesional
yang memiliki dasar-dasar keilmuan,baik menyangkut teori,pelakasanaan
kegiatan maupun pengembangan-pengembangan layanan serta berkelanjutan.dan salah
satu landa menjadi titik telah atau menjadi pijah langkah
bimbingan konseling adalah landasan teori ilmiah
B.
Kajian pustaka
1.
Pengertian bimbingan dan konseling
- bimbingan menurut Dhamar 2000:193 adalah:
menolong individu agar mengenal dirinya sehingga individu tersebut dapat
memecahkan masalah-masalah dalam kehidupannya.
- bimbingan menurut shertzer dan
stone(1997)adalah: proses holping opn individual to understand himself add his world(proses pemberian
bantuan agar mampu memahami dirinya
dengan lingkungan).
- menurut kelompok 3 merupakan upaya pemberian
layanan oleh konselor kepadakonseli baik yang bermasalah maupun yang terdakwa
- kentionselingg menurut projitno 1997 :106
merupakan proses pemberian layanan yang di lakukan oleh seorang ahli (konselor)
melalui wawancara konseling kepada individu(konseli) yang sedang mengalami
suatu masalah yang bermuara pada teratasinya
masalah yang di hadapi oleh klien.
- koseling menurut kelompok 3 merupakan
hubungan tatap muka yang bersifat rahasia,penuh dengan sikap penerimaan dan
pemberian kesempatan dari konselor
kepada klien.konselor menggunakan pengetahuuan dan keteramp[ilan yang ke dua
untuk membantu klien.
2.
Fungsi bimbingan dan konseling
Fungsi
pemahaman:membantu peserta didik (siswa)
agar memiliki pemahaman
lingkungannya(
pendidikan,pekerjaan,norma agama).
Ø
Fungsi previntif 15 : upaya konsetor
senantiasa mengantisipasi berbagai
masalah yang mungkin terjadi dan
berupaya untuk mecegahnya supaya tidak
di alami oleh peserta didik.
Ø
Fungsi pengembangan 15 : konselor senantiasa berup[aya dalam untuk menciptakan lingkunganbelajar yang kondusif yang memfasilitasi perkembangan mahasiswa.
Ø
Perbaikan(penyembuhan): bimbingan yang bersifat kuratif
Ø
Fungsi penyaluran : fungsi
bimbingan dalam membantu individu memilih kegiatan ekstrakurikuler.
Ø
Adaptasi : membantu para
pelaksana, para pendidik khususnya, guru atau dosen untuk mengadaptasikan.
Ø
Penyesuaian : bimbingan dalam
membantu individu agar dapat menyesuaikan diri secara dinamis dan konstruktif.
3.
Pengertian landasn ilmiah
teknologi
Landasan bimbingan dan
konseling berlandaskan ilmiah. Ilmiah berarti suatu yang nyata.
Didalam bimbingan dan konseling, sesuatu
yang dibuat harus berdasarkan fakta dan dapat dibuktikan. Contohnya, pemberian
layanan oleh konselor kepada konseli.
Iptek adalah seperangkat alat yang dapat
membantu seseorang bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang
berhubungan pemrosesan informasi. Iptek sangatlah berguna bagi makhluk hidup
karena iptek mempermudan atau memperlancar informasi dan komunikasi.
Iptek juga sangat mendukung program
pendidikan.
Jadi
landasan ilmiah teknologi adalah kegiatan profesional yang memiliki dasar-dasar
keilmuan yang nyata dan rill, baik yang menyangkut dengan teori maupun praktek
yang berhubungan dengan bidang teknologi.
4.
Fungsi dan peranan TIK dalam BK
-
Fungsi TIK dalam BK:
Ø
Sebagai alat untuk komunikasi
antara konselor dengan klien
Ø
Sebagai sumber informasi yang
terpadu
Ø
Dapat mempermudah seseorang
konselor dalam memberikan bimbingan dan konseling kepada klien kapan saja dan
dimana saja
Ø
Dapat menghemat biaya
-
Peranan TIK dalam BK
Ø
Sebagai alat komunikasi antara dua
orang atau lebih yang berjauhan.
Contohnya:
·
Perpustakaan online
·
Buku sekolah elktronik
·
Kelas online
·
Diskusi online
5.
Hubungan landasan ilmiah teknologi
dengan BK
Landasan ilmiah
teknologi membicarakan tentang sifat-sifat ilmu yang multireferensial.
Dengan teknologi khususnya jaringan
komputer (internet), proses interaksi antara konselor dan klien bisa dilakukan
kapan saja dan dimana saja tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Dengan demikian, peran teknologi sangat
tinggi dalam dunia pendidikan khususnya bimbingan dan konseling,
Prayitno
mengemukakan bahwa dengan adanya landasan ilmiah teknologi ini sangat membantu
konselor dalam hal memberi layanan kepada konseli.
6.
Manfaat landasan ilmiah teknologi
dalam bidang bimbingan dan konseling
Manfaat
dari kita mempelajari landasan ilmiah teknologi adalah dengan menggunakan
internet maka konselor dan konseli bisa saling berinteraksi dan berkomunikasi
secara cepat dan mudah melalui dunia maya.
C.
kesimpulan
a.
Secara etimologis, teknologi berasal
dari kata “techn” yang berarti serangkaian prinsip atau metode
rasional yang berkaitan dengan pembuatan sesuatu objek kecakapan tertentu,
pengetahuan, prinsip-prinsip, metode atau seni.
Menurut dictionary of selec,teknologi
adalah penerapan pengetahuan teority pada masalah-masalah praktis.
Jadi kalau kita kait secara umum teknologi
itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari cara atau usaha manusia untuk
memecahkan suatu masala.
Dan dalam arti yang luas teknologi dapat
dikelompokkan sebagai berikut:
1.
Teknologi sebagai barang bantuan
Kelemahan yang ada pada diri manusia kemudian diminimalisir dengan
adanya teknologi agar kelemahan yang dimiliki manusia pun menjadi sedikit
berkurang.
2.
Teknologi sebagai kegiatan manusia
tidak terlepas dari kegiatanmanusia itu sendiri merupakan bentuk dari
teknologii itu sendiri
3.
Teknologi sebagai kumpulan
pengetahuan
Dalam kegiatan kita membuat dan menggunakan teknologi pasti tidak
terlepas dari ilmu membuat produk dan ilmu menggunakan (konsumsi).
Ilmu tersebut merupakan kumpulan dari pengetahuan yang didapatkan oleh
manusia dari berbagai sumber.
4.
Teknologi sebagai kebutuhan sistem
Pembahasan yangbulat dan menyeluruh akan tercapai kalau teknologi di
tinjau sebagai suatu sistem.
v
Teknologi informasi
Teknologi informasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses
penggunaan sebagai alat bantu manipulasi pengelolaan informasi
v
Komunikasi
Komunikasi adalah kegiatan saling berpendapat informasi dan pesan
antara berbagai pihak pada suatu waktu dan tempat tertentu.
Dan komunikasi itu sendiri
dibagi menjadi 2 bagian, yakni:
Ø
Komunikasi verbal (lisan)
Komunikasi pertukaran informasi lisan, bertatap muak secara langsung
Ø
Komunikasi nonverbal
Proses komunikasi dimana suatu pesan disampaikan tidak menggunakan
kata-kata.
Contohnya, gerak, isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah, dll.
-
Kajian pustaka
a.
Pengertian
Bimbingan konseling merupakan terjemahan dari “guidance counseling” dalam bahasa inggris secara harafiah guidance
dari kata “guide” berarti
Ø
Mengarahkan
Ø
Memandu
Ø
Mengelolah
Ø
Menyetir
-
Shertzer dan stone (1971)
mengartikan bimbingan sebagai proses heiping
an individual to understand himself and his world (proses pemberian bantuan
agar individu mampu memahami dirinya dan lingkungan)
Dari defenisi diatas dapat diangkat makna sebagai berikut :
Ø
Bimbingan merupakan suatu proses
yang berkesinamungan bukan kegiatan yang seketika atau kebetulan
Ø
Bimbingan merupakan serangkaian
terarah kepada pencapaian tujuan
Ø
Bimbingan berarti pertolongan
Makna bantuan dalam bimbingan konseling menonjol bahwa yang aktif.
-
Konseling hubungan tatap muka
dapat kita simpulkan bahwa konseling merupakan salah satu bentuk hubungan yang
bersifat membantu.
Makna bantuan disini yaitu, sebagai upaya untuk membantu oranglain
mampu tumbuh kearah yang dipilih sendiri.
Dan apabila kita kaitkan dengan komunikasi didalam media kita bisa
melakukan suatu konseling kepada klien dengan berbagai cara yakni :
Ø
Telepon genggam
Ø
Faksimili
Ø
Radio
Ø
Laptop
Karena
dengan adanya alat-alat komunikasi ini maka dapat mempermudah seorang konselor
dalam memberikan konseling kepada kliennya dengan mudah serta menghemat biaya
dan waktu.
Adapun
dampak-dampak kesulitan yang dihadapi oleh seorang konselor yaitu seorang
konselor tidak dapat tau keadaan sebenarnya tentang si klien karena tatap muka
secara langsung melainkan lewat media komunikasi akan tetapi banyak orang
menggunakan peralatan tersebut mengungkapkan persaan , curhatan serta problem
yang dihadapi mereka saat ini. Dan konselor dapat memberikan solusi yang baik
terhadap mereka.
b.
Fungsinya dariteknologi informasi
dalam kaitan dengan bimbingan dan konseling yaitu :
Ø
Sebagai alat untuk berkomunikasi
antara klien dengan konselor
Ø
Dapat menghemat biaya karena jarak
jauh
Ø
Sebagai sumber informasi yang
terpadu
Ø
Dapat mempermudah seorang konselor
dalam memberi bimbingan dan konseling
kapn saja dan dimna saja
Ø
Lewat media komunikasi modern
lebih cepat dalam menangani kasus dari klien
c.
Sup pengertian dan teknologi
informasi dalam bimbingan dan konseling
v
Peranan TIK dalam bidang
pendidikan dan kaitannya dengan bimbingan dan konseling
1.
Internet merupakan alat komunikasi
antara 2 orang atau lebih yang berjauhan. Diantaranya :
Ø
Perpustakaan online (digital
library)
Ø
Education
Ø
Buku sekolah elektronik
Ø
Kelas online
Ø
Pendaftaran siswa online
Ø
Dikusi online
v
TIK memiliki 2 dampak yaitu,
positif dan negatif.
1.
Dampak positif
Ø
Kemudahan berkomunikasi dan
bertukaran informasi
Ø
Menjaminnya bisnis berbasis
internet
Ø
Menunjang pertanian rakyat
2.
Dampak negatif
Ø
Munculnya kejahatan jenis baru.
Ø
masuknya budaya asing yang negatif
kemjuan TIK telah mendorong masuknya nilai-nilai budaya asing yang bersifat
negatif seperti cara berpakaian, mendorong pergaulan bebas antara anak dan
orang tua karena cendrung memberontak dan ingin perilaku bebas.
Ø
Penyebarluasan pornograqfi
Ø
Pelanggaran hak cipta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar